Penangkal Petir Evo Franklin

Share :

Penangkal Petir Evo Franklin

Penangkal Petir Elektrostatis

Penangkal Petir Evo FranklinProteksi eksternal merupakan sistem dan perangkat yang terletak di luar bangunan untuk menangkap dan mengalirkan arus petir ke sistem pembumian (grounding). Dengan kata lain, proteksi eksternal berperan sebagai garda terdepan dalam menangkap muatan listrik dan arus petir di area yang telah dipasang sistem proteksi petir. Terminal Udara (Air Termination) adalah bagian dari sistem perlindungan petir eksternal yang difokuskan untuk menangkap sambaran petir. Ini terdiri dari elektroda logam yang dipasang secara vertikal atau horizontal. Penangkap petir atau perangkat anti-petir ditempatkan dengan susunan yang memungkinkan mereka menangkap semua sambaran petir tanpa mengenai bagian bangunan yang harus dilindungi.

Air Terminal ESE adalah Unit Utama yang dipasang di puncak tiang penangkal petir atau perangkat anti-petir. ESE Terminal bekerja dengan mengeluarkan “streamer ke atas” dari tanah. Semakin cepat streamer awalnya bergerak ke atas, semakin cepat pula muatan listrik yang ada di dalam awan akan turun ke bawah.

Cara Kerja Penangkal Petir Evo Franklin

Penangkal petir elektrostatikAir Terminal Penangkal Petir Evo Franklin adalah perangkat penerima sambaran petir yang bekerja berdasarkan teknologi ESE (Early Streamer Emission Lightning Conductor). Fungsinya adalah mengumpulkan energi dari awan saat ada badai petir di wilayah perlindungan, lalu menarik kilatan petir dengan melepaskan semacam lidah api ke udara, menangkap kilatan tersebut, dan mengalirkannya ke bumi.

Cara Kerja Penangkal Petir – Meskipun semua terminal unit penangkal petir atau alat anti petir menggunakan teknologi elektrostatik ESE (Early Streamer Emission Lightning Conductor), penangkal petir Evo Franklin dirancang secara khusus untuk digunakan di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Ini dikembangkan agar sesuai dengan kondisi cuaca dan geografis yang khas di wilayah tropis, sehingga dapat memberikan perlindungan yang efisien terhadap bahaya petir di daerah dan wilayah tersebut. Dengan demikian, Evo Franklin adalah pilihan yang tepat untuk perlindungan petir yang handal di lingkungan tropis.

Di dunia perlindungan sambaran petir, Penangkal Petir Evo Franklin adalah pilihan utama yang mengedepankan kualitas premium. Dengan desainnya yang modern dan canggih, Evo Franklin adalah tonggak kemajuan dalam perlindungan dari sambaran petir. Teknologi ESE (Early Streamer Emission) yang digunakan membuatnya semakin unggul. Mari kita mengenal lebih dalam mengenai sistem luar biasa ini.

Evo Franklin dan Teknologi ESE

Evo Franklin adalah sistem penangkal petir yang menggunakan teknologi ESE. Teknologi ini terdiri dari berbagai komponen canggih, termasuk sensor impuls elektrik, pengumpul energi listrik, batang penangkal petir, terminal pembangkit ion, dan pembangkit ion elektronik.

Air Terminal Evo Franklin mengandalkan penembakan ion yang kuat untuk membangkitkan lintasan petir yang lebih awal, yang dikenal sebagai “Upward Leader”. Hal ini memungkinkan sambaran petir untuk menyambar dengan lebih efektif dan mengurangi waktu eksitasi dari efek tersebut.

Fungsi-fungsi Unggul di Setiap Unit Penangkal Petir Evo Franklin Lightning Protection:

  • Penerima Sambaran Ujung: Penangkal petir Evo Franklin didesain khusus untuk menarik sambaran petir dengan efektif dan akurat.
  • Elektroda: Elektroda di Evo Franklin berperan penting dalam mengumpulkan deposito dan energi sebagai sumber untuk membangkitkan Early Streamer Emission (ESE) System.
  • Smart Ion Generator: Mengumpulkan energi dari medan listrik dengan bantuan sirip penyebar. Ini melibatkan unit kapasitor energi, kebangkitan ion, sensoring, dan perlindungan gedung.
  • Sirip Penyebar: Bagian ini berfungsi sebagai konduktor untuk menerima dan menembakkan ion.
  • Konektor: Konektor pada Evo Franklin sangat sederhana, memudahkan dalam proses instalasi. Kabel penghantar minimal harus memiliki ukuran 25 mm², dan landasan maksimal adalah 5 Ohm. Ujung penangkal petir Evo Franklin yang bulat efektif dalam menarik sambaran petir. Kabel konduktor terbuat dari tembaga, dan tugasnya adalah mengalirkan energi listrik (sambaran petir) dari air terminal ke tanah. Selain fungsi teknis, kabel konduktor ini juga mempertimbangkan estetika dan kenyamanan penghuni rumah.

Penangkal petir Evo Franklin adalah solusi terbaik untuk melindungi properti Anda dari ancaman petir yang tak terduga. Dengan teknologi ESE yang canggih dan komponen unggul, Evo Franklin adalah pilihan terbaik dalam perlindungan petir.

Keunggulan Penangkal Petir Evo Franklin

Penangkal petir Evo Franklin adalah penangkal petir elektrostatis berbasis ESE yang dirancang khusus untuk daerah tropis seperti Indonesia. Terdapat 10 keunggulan dari penangkal petir Evo Franklin, yaitu:

  1. Desain Modern: Didesain oleh ilmuwan petir Indonesia dan desainer internasional, memberikan tampilan yang lebih modern.
  2. Teknologi ESE: Diproduksi menggunakan teknologi Early Streamer Emission (ESE) untuk tingkat perlindungan yang optimal.
  3. Bebas Perawatan: No Power Supply or Solar Cells, No Radio Aktif, Discharge Current 300kA.
  4. Praktis dalam Instalasi: Lebih praktis dalam pemasangan di lapangan, memudahkan proses instalasi.
  5. Bahan Terbaik: Menggunakan bahan dan material terbaik yang sesuai dengan standar SNI dan IEC.
  6. Harga Ekonomis: Menawarkan harga yang lebih ekonomis untuk perlindungan petir berkualitas.
  7. Teknologi Terkini: Dirancang khusus untuk daerah tropis dengan intensitas sambaran petir tinggi, sejalan dengan kondisi di Asia.
  8. Beragam Tipe Proteksi: Menawarkan banyak pilihan tipe perlindungan, sesuai dengan kebutuhan..
  9. Tersedia Luas di Kota-kota Besar: Produk ini tersedia luas di kota-kota besar di Indonesia.
  10. Produk Bergaransi: Memberikan garansi produk selama 3 tahun untuk kepercayaan dan ketenangan pelanggan.

Penangkal petir Evo Franklin adalah pilihan terbaik untuk melindungi properti Anda di daerah tropis yang rentan terhadap sambaran petir. Dengan kombinasi desain modern, teknologi terkini, dan pilihan ekonomis, Evo Franklin adalah investasi yang cerdas untuk keselamatan properti Anda.

Pilihan Tipe Proteksi dari Air Terminal Evo Franklin

Penangkal petir Evo Franklin adalah perangkat perlindungan petir yang menggunakan teknologi mutakhir, dengan desain futuristik dan aerodinamis serta dirancang dengan teknologi internasional yang kompetitif secara global. Perangkat ini mampu memenuhi kebutuhan pasar global dalam sistem perlindungan petir.

Penangkal petir radius

Di tengah kekhawatiran akan perubahan iklim global yang semakin meningkat, kami yakin penangkal petir Evo Franklin dapat bersaing dalam menyediakan perlindungan terhadap sambaran petir.

Tersedia beberapa tipe penangkal petir Evo Franklin:

  • EF-30 (Home Edition): Dengan jangkauan radius perlindungan 30 meter, cocok untuk bangunan berukuran kecil atau rumah tinggal.
  • EF-60: Dengan jangkauan radius perlindungan 60 meter, cocok untuk bangunan berukuran kecil hingga menengah, seperti rumah tinggal atau kantor.
  • EF-85: Dengan jangkauan radius perlindungan 85 meter, cocok untuk bangunan berukuran menengah hingga besar, seperti rumah tinggal, kantor, tempat ibadah, pabrik, dan area luas lainnya.
  • EF-100: Dengan jangkauan radius perlindungan 100 meter, cocok untuk bangunan berukuran menengah hingga besar, seperti rumah tinggal, kantor, tempat ibadah, pabrik, dan area luas lainnya.
  • EF-150: Dengan jangkauan radius perlindungan 150 meter, cocok untuk bangunan berukuran besar atau area luas, seperti rumah tinggal, kantor, tempat ibadah, pabrik, dan area luas lainnya.

Perbandingan Penangkal Petir Evo Franklin Dengan Sistem Konvensional

Penangkal Petir Konvensional:

  • Beroperasi secara pasif dan memerlukan waktu untuk aktif.
  • Membutuhkan jumlah kabel penghantar yang besar.
  • Area perlindungan terbatas.
  • Biaya tinggi jika diterapkan pada area yang luas.
  • Memerlukan banyak titik grounding, yaitu satu setiap 10 meter.
  • Menggunakan banyak splitzer di atas bangunan sebagai penerima sambaran.
  • Dapat merusak tampilan estetika bangunan.
  • Splitzer berujung runcing dan berpotensi berbahaya bagi pekerja.

Penangkal Petir Evo Franklin:

  • Menggunakan sedikit material dan kabel penghantar.
  • Memberikan area perlindungan yang lebih luas, sekitar 30-150 meter.
  • Lebih ekonomis saat diterapkan di area luas.
  • Hanya memerlukan satu titik grounding atau resistansi kurang dari 5 Ohm.
  • Memerlukan satu unit terminal untuk radius proteksi tertentu.
  • Pemasangan dan perawatan mudah serta tidak mengganggu estetika.
  • Berfungsi sebagai pencegah interferensi pada perangkat elektronik.
  • Lebih aman bagi pekerja yang melakukan perawatan instalasi.

Connecting Sleeve FRV-I Evo Franklin

Penyalur Petir Evo FranklinFRV-i pada sistem penangkal petir adalah perangkat yang digunakan dalam instalasi penangkal petir untuk memisahkan terminal petir dari pipa penyangga. Fungsinya adalah untuk mengurangi risiko terjadinya induksi petir akibat arus petir.

Ini menjadi sangat penting terutama jika instalasi penangkal petir berada di atas bangunan yang terbuat dari bahan logam seperti atap seng atau logam lainnya. Dengan demikian, sleeve penyambung ini berperan sebagai isolator yang membantu melindungi instalasi penangkal petir dari potensi bahaya petir.

  • Diameter : 3 inch
  • Penggunaan Pipa : 2 inch
  • Panjang keseluruhan : 25 cm
  • Bahan : Fiber

Connecting Sleeve FRV-i ini di aplikasikan pada Anti Petir Evo Franklin yang berfungsi sebagai isolator khusus untuk melindungi pipa penyangga atau tower supaya tidak terjadi induksi atau loncatan arus pada saat terjadi sambaran petir dan tersedia dalam paket penjualan air terminal evo franklin.

Cara Memasang Instalasi Penangkal Petir atau Anti Petir Evo Franklin

Secara garis besar, berikut adalah langkah-langkah pemasangan instalasi penangkal petir atau anti petir Evo Franklin:

Pekerjaan Tahap Awal:

  • Mulailah dengan memasang sistem grounding terlebih dahulu, dengan mempertimbangkan faktor keamanan dan kemudahan.
  • Lakukan pengukuran resistansi atau tahanan tanah menggunakan Earth Testermeter. Jika hasil pengukuran menunjukkan nilai kurang dari 5 Ohm, Anda dapat melanjutkan ke tahap berikutnya. Jika nilainya lebih dari 5 Ohm, tambahkan titik grounding penangkal petir tambahan di sekitarnya hingga resistansi tanah mencapai kurang dari 5 Ohm.

Pemasangan Kabel Penyalur (Down Conductor):

  • Setelah grounding penangkal petir selesai, langkah berikutnya adalah memasang kabel penyalur dari titik grounding hingga ke bagian atas bangunan.
  • Pilihlah jalur kabel yang terdekat dan hindari banyak belokan atau tekukan 90 derajat agar efisiensi dan efektivitas material dan instalasi terjaga.
  • Kabel penyalur petir yang biasa digunakan adalah BC (Bare Copper), NYY, atau Coaxial.
  • Untuk menjaga kerapihan dan keamanan, pastikan untuk memasang pipa pelindung (Conduite).

Pemasangan Head Terminal Petir:

  • Head terminal petir harus terhubung dengan kabel penyalur yang telah terpasang hingga ke sistem grounding.
  • Gunakan Connecting Sleeve FRV-i yang tersedia dalam paket penjualan Air Terminal dan pasangkan di atas tiang penyangga sebelum melakukan connecting terhadap kabel konduktor dan head therminal.
  • Pastikan head terminal petir terpasang pada tiang penyangga dengan ketinggian minimal 2 meter.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat memasang instalasi penangkal petir atau anti petir Evo Franklin dengan aman dan efektif.

“Baca Juga: Harga Tombak Air Terminal Evo Franklin“.